5 Maret 2011

Tugas O&M 3K

nama : M. kresna Hardian
kelas : 1DB 19 
npm   : 341. 10. 166


1. Jelaskan definisi tentang Organisasi ?
organisasi adalah suatu proses perencanaan yg meliputi penyusunan,perkembangan dan pemeliharaan suatu struktur atau pola hubungan kerja dari orang-orang dalam suatu kelompok.
- Menurut ERNEST DALE:
Organisasi adalah suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan, dan pemeliharaan suatu struktur atau pola hubunngan kerja dari orang-orang dalam suatu kerja kelompok.
- Menurut CYRIL SOFFER:
Organisasi adalah perserikatan orang-orang yang masing-masing diberi peran tertentu dalam suatu system kerja dan pembagian dalam mana pekerjaan itu diperinci menjadi tugas-tugas, dibagikan kemudian digabung lagi dalam beberapa bentuk hasil.
- Menurut KAST & ROSENZWEIG:
Organisasi adalah sub system teknik, sub system structural, sub system pshikososial dan sub system manajerial dari lingkungan yang lebih luas dimana ada kumpulan orang-orang berorenteasi pada tujuan.
Secara Definisi UMUM:
“Kelompok orang yang secara bersama-sama ingin mencapai tujuan”

2.Sebutkan ciri-ciri dari organisasi ?
- Lembaga social yang terdiri atas kumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan
- Dikembangkan untuk mencapai tujuan
- Secara sadar dikoordinasi dan dengan sengaja disusun
- Instrumen social yang mempunyai batasan yang secara relatif dapat diidentifikasi.

3. Sebutkan 14 Kaidah manjemen menurut Henry Fayol ?
1. Pembagian kerja
2.Wewenang & tanggung jawab
3. Disiplin
4.Kesatuan perintah
5.Kesatuan pengarahan
6.Mendahulukan kepentingan umum
7.Balas jasa
8.Sentralisasi
9.Rantai Skalar
10.Aturan
11.Keadilan
12.Kelanggengan personalia
13.Inisiatif
14.Semangat korps


4. Jelaskan Empat kaidah Manajemen menurut Frederick W. Taylor ?
Empat kaidah Manajemen menurut Frederick W. Taylor:
a. Menggantikan metode kerja dalam praktek dengan metode atas dasar ilmu pengetahuan.
b. Mengadakan seleksi, latihan dan pengembangan karyawan
c. Pengembangan ilmu tentang kerja, seleksi, latihan dan pengembangan secara ilmiah perlu intregasikan.
d. Perlu dikembangkan semangat dan mental karyawan untuk mencapai manfaat manajemen ilmiah


5. Apa perbedaan Teori Modern dengan Teori Klasik ?
Perbedaan Teori Modern dengan Teori Klasik ialah Teori Klasik membicarakan konsep koordinasi, scalar, dan vertical sedangkan Teori Modern lebih dinamis, sangat komplek, multilevel, multidimensi dan banyak variable yang dipertimbangkan

28 Februari 2011

Tugas 3S (Softkill)

Nama : M. KRESNA HARDIAN
Kelas : 1DB19
NPM : 34110166



Pilih jawaban yang benar dari 10 soal PG dibawah ini, Jawaban A, B, C atau D yang benar bisa ditebalkan atau di tulis dibawah soalnya.

1. James D. Mooney & Allen Reilly mengemukan tiga prinsip kekuasaan yang harus diterapkan dalam organisasi pemerintah, militer, agama ataupun bisnis seperti dibawah ini, kecuali: a. Prinsip Kontroling
a. Prinsip Kontroling
b. Prinsip skalar & hirarkis
c. Prinsip Koordinasi
d. Prinsip fungsional

2. Mempunyai misi menyebarkan Teori Administrasi di kawasan Eropa: c. Lyndall Urwick
a. James D. Mooney
b. Allen Reilly
c. Lyndall Urwick
d. Max Weber

3. Birokrasi berasal dari kata Legal_Rasional, Rasional maksudnya: c. Adanya perencanaan dan penetapan tujuan
a. Adanya wewenang dan seperangkat aturan yang jelas
b. Adanya pembagian tanggung jawab
c. Adanya perencanaan dan penetapan tujuan
d. Adanya pemisahan dan pelimpahan

4. Penerangan lampu ditempat kerja yang cukup memadai ternyata meningkatkan produktifitas karyawan, itulah kesimpulan akhir dari percobaan Hawthorne oleh: b. Elton Mayo
a. Henry Fayol
b. Elton Mayo
c. Daniel Katz
d. Oey Ling Lee

5. Organisasi senantiasa hidup, bergerak, berkembang dan berubah-ubah hal tersebut disebabkan karena organisasi tersebut mempunyai sifat: b. Dinamis
a. Statis
b. Dinamis
c. Aktif
d. Partisipatif

6. Yang termasuk kedalam dorongan yang sifatnya rohaniah: d. Pendidikan dan pengembangan karir
a. Kendaraan
b. Penyediaan fasilitas rumah
c. Pemberian tunjangan
d. Pendidikan dan pengembangan karir

7. Interaksi Ekternal adalah: b. Interaksi yang mengabaikan pihak bank, pemerintah dan suplier
a. Integrasi antara bagian-bagian subsistem dalam organisasi
b. Interaksi yang mengabaikan pihak bank, pemerintah dan suplier
c. Interaksi antara bagian pemasaran dan bagian produksi
d. Interaksi antara perbankan dan bagian keuangan

8. Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen : c. Organisasi & Metode
a. Organisasi
b. Metode
c. Organisasi & Metode
d. Manajemen

9. Bukan termasuk pengertian inti yang terkandung dalam Organisasi & Metode: d. Dinamika dan Motivasi
a. Kunci dan Syarat kerja
b. Untuk Mencapai Efesiensi
c. Memerlukan Sumber dan Waktu
d. Dinamika dan Motivasi

10. Dibawah ini adalah istilah-istilah Organisasi & Metode, kecuali: b. Analisa dan persepsi
a. Organisasi dan efesiensi
b. Analisa dan persepsi
c. Biro Organisasi dan tata laksana
d. Penelitian dan pengembangan